Powerpoint dan Teknologi Pembelajaran

Jun 22,2017
PowerPoint dan Teknologi Pembelajaran
Mengenal PowerPoint
Saya yakin, semua orang mengaku bisa mengoperasikan program aplikasi Microsoft Office yang disebut PowerPoint. Waooow ini pernyataan yang luar biasa. Perlu anda ketahui bahwa program aplikasi ini, tidak hanya sekedar bisa digunakan untuk menyampaikan materi gagasan apa-apa yang kita pikirkan. Tetapi bisa juga kita gunakan untuk menjelaskan proses, pengembangan inspiratif, dan multi media pembelajaran. Sayangnya tidak banyak orang mengetahui bagaimana menyusun, merancang, sekaligus menganalisis dan menerapkan semua isi yang dikandung dalam tubuh PowerPoint.

Mengenal Teknologi Pembelajaran
Pengertian teknologi pembelajaran itu terlalu luas, ndakik-ndakik, tak berujung pengawalan dan pengakhiran, berjalan terus, tiada henti, lengpeng, lurus, berusaha menyelaraskan kebutuhan teknologi dan kebutuhan pembelajaran. Sayangnya kita terlalu terjebak dengan definisi-definisi, teori-teori, dan terbelenggu dengan kata-kata hanya sebagai pemikir, bukan tukang untuk menyelesaikan masalah-masalah inti pembelajaran. Biarpun definisi AECT dikembangkan bertahun-tahun dan dengan cara terus-menerus, kalau hanya berbatas pada pemikir saja, maka kita akan kesulitan untuk mengembangkan kreatifitas secara menyeluruh. Mahasiswa itu perlu menguasai teknologi, bukan hanya sekedar belajar teori. Apa mau jadi pemikir saja, oalaaaah itu hanya sekedar pilihan, silakan kalau memang kemauannya hanya begitu saja, selesai.

Perkawinan PowerPoint dan Elaborasi Teknologi Pembelajaran
PowerPoint itu dikembangkan selama bertahun-tahun, mengawinkan program aplikasi microsoft office, coreldraw, adobe photoshop, movie dan mungkin program lain yang masih tersembunyi. Dia dikemas sebegitu rupa supaya para pengguna bisa memanfaatkan seluas-luasnya. Bukan hanya untuk mengetik dan menganimasi layer saja, tetapi untuk mengembangan semua inspirasi yang anda pikirkan untuk pembelajaran. Oleh karena itu bagi yang merasa mempelajari teknologi pembelajaran, kawinilah PowerPoint itu sebagai istri yang mungkin ketiga atau kelima saya tidak perduli, agar anda bisa "ngrayangi" semua sisi-sisi tubuhnya yang tidak nyata hingga bagian yang paling dalam. Dengan begitu anda akan menemukan misteri, lebih kritis, dinamis, inspiratif, dan semakin mudah melaksanakan apa itu PAIKEM, PAIMO, PAIMAN atau PAI-PAI teoritis yang lain dengan nyaman dan benar-benar menyenangkan. Sedangkan elaborasi teknologi, apasih teknologi yang tidak ada di dalam komputer?. Teknologi pembelajaran itu bukan hanya pelajaran tentang bagiamana mengetik, menulis dan mencetak saja. Semua teknologi model pendidikan yang dahulu jaman baheula berdiri sendiri-sendiri dan sulit kita kuasai, kini disatukan dalam kemasan komputer yang sangat canggih. Mulai teknologi menggambar, teknologi melukis, teknologi animasi, teknologi fotografi, teknologi statistik, teknologi film, teknologi musik, dan teknologi apa lagi yang anda kenal semua sudah tersedia. Memang yang tidak ada hanya satu, yaitu teknologi perasaan.